Jumat, 25 Juli 2014

Jalan-jalan disekitar Parapat



Selain pulau Samosir yang berada didalam danau Toba, tempat-tempat didekatnya pun menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Parapat.
Kalau kita buka buku pelajaran, dulu, Presiden pertama kita, Ir. Soekarno, pernah diasingkan disini. Nah, rumah ini berada diperapat, persis dipinggir Danau Toba.


 

Nah, dilihat dari foto ini, danau Toba berada persis disamping dan didepan rumah pengasingan Ir. Soekarno.  
 


Kalau kita berjalan kearah samping, dipinggir danau Toba, kita akan melihat pelabuhan Tiga Raja untuk menyeberang ke pulau Samosir. 

Ketika kita menyeberang, disebelah kanan, ada tugu dengan burung Garuda Pancasila diatasnya.










 


Sedangkan kalau kita memandang dari depan rumah, kita akan melihat pulau Samosir dengan tulisan Horas Samosir.



Nah, tidak jauh dari rumah ini, turun menuju danau, ada wisata air, menuju batu gantung.  Batu ini berbentuk kepala dan rambut perempuan.

Harga yang ditawarkan bervariasi.  Bila menggunakan boat, sekitar Rp 250.000,- sampai Rp 300.000,- berisi 4-6 orang.  Sedangkan untuk perahu motor, bila penuh terisi, hanya Rp 20.000,-..

Dekat rumah pengasingan ini, banyak toko souvenir dan tempat makan khas Perapat. Jangan kaget kalau masyarakat disini banyak yang muslim dan bersuku Jawa. Mereka menamakannya dengan Puja Kesuma, Putra Jawa keturunan Sumatera. Namun di Perapat, suka ada yang bercanda dengan sebutan Puja Keparat, yaitu Putra Jawa keturunan Perapat.

Kalau dijalan raya Perapatnya sendiri selain banya makanan muslim, juga ada masjid yang berdiri megah, persis disamping jalan menuju pelabuhan.
Ke Parapat sebelum atau sesudah berkelana di Pulau Samosir sih asik aja. 

Jadi, rencanakan liburan ke Samosir dengan matang. Bagaimana caramudah dan murah menuju Samosir, dimana tempat menginap, tempat wisata mana aja yang dikunjungi, rumah makan halal yang ada disana, dan bagaimana bila harus sholat Jumat di pulau Samosir.

Selamat menikmati indahnya pulau Samosir.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar